*****Banyak Baca.. Banyak Tau.. Banyak Ilmu.. Makin Maju*****
tauteu.blogspot.com **Banyak Baca.. Banyak Tau.. Banyak Ilmu.. Makin Maju**

Tahukah Anda Mencuci Daging Ayam Mentah Berbahaya Lho, Biar Aman Jangan Cuci Dengan Air Tapi Pakai Ini Aja

Daging ayam merupakan salah satu makanan favorite di keluarga. Berbagai macam olahan bisa dibuat dengan daging ayam ini. Tapi tahukah kamu ternyata mencuci daging ayam yang masih mentah itu sangat berbahaya.

Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa dengan mencuci daging ayam yang masih mentah bisa membersihkan daging ayam tersebut dari kuman, tapi ternyata tidak, mencucinya malah akan membuat kuman-kuman di permukaan daging ayam menjadi menyebar ke makanan lain dan bisa jadi menyebar ke alat masak dan meja dapur.Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa melakuakan beberapa cara yang bisa menghindari penyebaran bakteri di permukaan daging ayam.
Berikut langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya seperti dilansir Tribunnews.com.1. Cara yang pertama kamu harus mencuci tangan setelah memegang daging ayam, karena jika tidak benda yang kamu pegang setelah itu akan terkontaminasi.
2. Cuci counter tops dengan air dan sabun hangat. Lebih baiknya lagi kamu bisa membersihkan dengan larutan yang mengusir bau amis dan juga kuman di dalam tempat tersebut.
3. Kamu harus membuang bahan kemasan daging ayam  untuk mencegah kontaminasi silang. Bahan kemasan tersebut seperti nampan busa daging, karton telur, atau pembungkus plastik.


4. Jangan biasakan mencuci telur sebelum digunakan atau sebelum di simpan, karena hal tersebut dapat membuat bakteri dari cangkang telur akan menyebar.
5. Cuci daging ayam dibawah air yang mengalir seperti keran. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran bakteri yang ada di daging ayam agar ikut larut bersama air.
6. Mencuci daging ayam sebelum dimasak mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk menghilangkan kuman di daging ayam tersebut, padahal cara itu sangat tidak efektif, karena kuman tidak akan hilang malah akan semakin menyebar. Untuk menghilangkan kuman dari daging ayam itu kamu bisa mengelapnya dengan cuka atau jeruk lemon, ia sangat ampuh untuk mengurangi kuman di dalam daging ayam.
7. Cara yang terakhir, kamu bisa memasaknya dengan cara yang benar sehingga bakteri-bakteri tersebut akan hilang dengan sendirinya.
Jadi, mulai sekarang kamu harus menghilangkan kebiasaan mencuci daging ayam sebelum dimasak ya..




Sumber

2 comments:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan sehat memang sangat penting, akan tetapi peralatan memasak yang sehat juga sama pentingnya.

    regards,
    Langkah Membuat Roti

    ReplyDelete