*****Banyak Baca.. Banyak Tau.. Banyak Ilmu.. Makin Maju*****
tauteu.blogspot.com **Banyak Baca.. Banyak Tau.. Banyak Ilmu.. Makin Maju**

Hukum Gravitasi Tak Berlaku di 5 Kota Ini


Alam semesta penuh dengan misteri yang menantang para ilmuwan dan orang-orang yang mau berpikir untuk memecahkannya. Dalam hukum gravitasi yang diutarakan oleh Sir Isaac Newton, setiap benda akan selalu mempunyai gaya tarik menarik dengan benda lain. Contoh yang dikemukakan dalam bidang mekanika klasik adalah bahwa benda apapun yang ada di atas atmosfer akan ditarik oleh bumi di mana kekuatan gaya tarik bumi ini tergantung pada jarak antara benda tersebut dengan bumi, yang kemudian banyak dikenal sebagai fenomena benda jatuh.Tetapi ternyata ada beberapa lokasi di bumi ini dimana hukum gravitasi tersebut nampaknya tidak berlaku. Contohnya bola yang digelindingkan ke bawah malah naik ke atas, atau mobil yang mesinnya dimatikan malah naik di tanjakan. Berikut daftar 5 tempat dimana nampaknya hukum gravitasi tidak berlaku seperti yang dikutip dari mbakbro.com:

1. Mystery Spot, Santa Cruz, California

Tempat yang terletak di dalam sebuah hutan dan disebut sebagai Mystery Spot ini mempunyai keanehan akan gaya gravitasi. Tempat ini ditemukan pada tahun 1939 oleh beberapa penjelajah dan dibuka untuk umum mulai tahun 1940. Apabila Anda berkunjung ke area yang berbentuk lingkaran seluas 45 meter ini, Anda akan dibuat terkejut sekaligus bingung karena di tempat itu tubuh terasa jauh lebih ringan hingga Anda bisa berjalan miring di tembok!

Apabila Anda menggelindingkan sebuah bola, maka bola itu bukannya menggelinding turun tetapi malah akan naik. Demikian juga dengan pepohonan di area itu, mereka tumbuhnya miring. Beberapa orang menganggap bahwa tempat ini hanyalah sebuah tempat yang didesain untuk menghasilkan ilusi optik, tetapi beberapa orang lain yakin bahwa tempat itu mempunyai aura magis.



2. Spook Hill, Florida


Spook Hill adalah sebuah wilayah berbukit di Lake Wales, Florida, dimana bila Anda mematikan mesin kendaraan di bawah bukit maka kendaraan itu akan pelan-pelan meluncur naik ke atas bukit! Sebagian orang menganggap bukit ini mempunyai kandungan besi magnet yang tinggi hingga bisa menarik mobil, tetapi meskipun hanya dengan berjalan kaki, orang bisa merasakan bahwa ‘sesuatu’ menarik mereka ke atas hingga membutuhkan energi yang lebih untuk menuruni bukit daripada menaikinya.

Legenda setempat menceritakan bahwa bukit ini dihantui oleh kepala suku Indian yang mati di tempat tersebut. Fenomena aneh di Spooky Hill ini pertama kali ditemukan oleh seorang warga kulit hitam yang akan memancing di danau di sekitar tempat itu. Ketika warga itu memarkir kendaraannya di bawah bukit tiba-tiba mobilnya mundur ke atas bukit!



3. St. Ignace Mystery Spot, Michigan


Tempat ini ditemukan pertama kali pada tahun 1950 ketika para peneliti mendapati peralatan mereka tiba-tiba berhenti berfungsi. Setelah beberapa kali meneliti tempat tersebut, ternyata fenomena ini hanya terjadi pada area seluas kurang lebih 91 meter yang kemudian disebut sebagai St. Ignace Mystery Spot.

Hingga bertahun-tahun kemudian tempat ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin merasakan pengalaman aneh dimana gravitasi bumi sepertinya tidak berfungsi. Selain itu di tempat ini orang yang bertubuh tinggi akan nampak lebih pendek daripada di luar area serta apabila terlalu lama berada di sana orang akan merasakan pusing. Sekarang di tempat ini juga dibangun sebuah padang golf mini dimana seorang Tiger Wood sekalipun akan kesulitan memasukkan bola ke dalam hole karena bola akan selalu bergulir melenceng.



4. House of Mystery, Oregon Vortex

Di tempat yang juga berbentuk lingkaran ini, selain gaya gravitasi bumi nampaknya tidak berjalan sebagaimana mestinya, juga terdapat fenomena lain. Yaitu entah kenapa tidak ada hewan yang mau mendekati area tersebut. Bila Anda membawa kuda atau binatang lain ke dalam area itu, maka bisa dipastikan mereka semua akan merasa panik dan kabur. Karena fenomena ini, pada masa lalu suku Indian menyebut tempat ini sebagai “Tempat Terlarang”.

Area ini cukup banyak menarik rasa ingin tahu dari penduduk Amerika, bahkan beberapa film dokumenter telah dibuat khusus untuk menyelidiki fenomena di tempat tersebut selain juga dijadikan obyek dalam film “Supernatural” dan “The X-Files”. Sama seperti mystery spot yang lain, Oregon Vortex juga diyakini didesain khusus agar menyebabkan ilusi optik. Masalahnya adalah, tempat ini sudah ada sejak tahun 1914 dan di masa itu rasanya pengetahuan tentang ilusi optik belumlah secanggih sekarang. Juga pertanyaan tentang mengapa hewan-hewan tidak mau mendekati area tersebut? Belum ada penjelasan ilmiah untuk pertanyaan ini.



5. Cosmos Mystery Area, South Dakota


Di tempat ini, Anda tidak saja bisa melihat ilusi optik tinggi badan seseorang yang sekilas nampak berubah, tetapi juga pohon-pohon yang tumbuh miring ke arah tertentu dan air sungai yang mengalir ke atas. Sebuah bola yang dilemparkan ke atas tiba-tiba akan melenceng jatuhnya, atau seseorang bisa duduk di sebuah kursi yang hanya memiliki dua kaki dan lain-lain.

Tempat ini ditemukan pada tahun 1952 oleh dua orang mahasiswa yang sedang mencari tempat kemping. Ketika berada di tempat tersebut mereka tiba-tiba merasakan pusing dan badan tiba-tiba terasa ringan. Karena penasaran, akhirnya mereka mencoba meneliti tempat tersebut dan mendirikan sebuah kabin di atasnya. Tempat itu hingga sekarang dikenal sebagai Cosmos Mystery Area.




Sumber

No comments:

Post a Comment