*****Banyak Baca.. Banyak Tau.. Banyak Ilmu.. Makin Maju*****
tauteu.blogspot.com **Banyak Baca.. Banyak Tau.. Banyak Ilmu.. Makin Maju**

Armata, Tank Robotik Canggih Dari Rusia


Tank baru milik Rusia, Armata, diekspektasikan menjadi tulang punggung pasukan bersenjata nasional negera tersebut. Perancang Tank Armata menyatakan, mesin baru yang digunakan tank tersebut mengubah Tank Armata menjadi kendaraan robotik yang dapat dioperasikan secara automatis di medan perang.

Sebagaimana dilansir ABC, Jumat (12/6/2015), berikut ini adalah fitur-fitur utama dalam tank Armata:

Kubah yang Dapat Digerakkan Remote Control
Tank Armata pertama kali menyatakan kecanggihannya dengan memiliki sebuah kubah yang dapat digerakkan dengan remote control dan kapsul internal untuk pengendaranya. Kubah dan kapsul tersebut terisolasi dari amunisi dan bahan bakar, sebuah tata letak yang dapat meningkatkan kesempatan pengendaranya bertahan hidup secara signifikan bila tank tersebut ditembak.

Sementara tank-tank Rusia sebelumnya memiliki fitur low silhouette dan ukuran kompat yang meningkatkan kenyamanan pengendaranya, Armata terbaru ini berukuran lebih besar dan lebih berat. Perancang tank mengatakan, mereka menaruh perhatian khusus pada ergonomi kendaraan sehingga penumpang bertubuh tinggi pun dapat merasa nyaman dalam tank tersebut. Seorang perancang tank menyatakan tank baru tersebut nyaman dan mudah dikendarai layaknya SUV modern.

Kontrol yang Terkomputerisasi

Tank Armata dilengkapi sistem kontrol digital yang mengatur gerakannya, menyasar target, dan mengaktifkan sistem pertahanan tank. Sistem tersebut membebaskan pengendaranya melakukan tugas-tugas rutin sehingga mereka bisa lebih fokus pada fungsi kombat utama.

Quote:
"Bagi pengedara tank, fitur ini seperti bermain video game," kata Illya Demchenko, salah satu perancang tank Armata.
Kepala Perancang Armata bernama Andrei Terlikov mengatakan, teknologi baru yang terdapat dalam tank Armata membuka kemungkinan di masa depan membuat kendaraan sepenuhnya robotik yang dioperasikan otomatis di medan perang.

Rancangan Modular

Tank baru tersebut merupakan keluarga dari tank bersenjata terbaru ayng dibangun dalam platform terunifikasi yang memiliki sebuah struktur dari modul-modul yang bisa diganti. Rancangan semacam itu membantu menekan biaya produksi dan membuka ruang lebih besar untuk pengembangan di masa depan.

Keluarga tank Armata meliputi kendaraan berat infantri yang dilengkapi senjata yang menawarkan level perlindungan yang sama dengan tank baru, dan disokong berbagai macam mesin.

Perlindungan Superior

Tank Armata menggunakan tipe lapisan pelindung terbaru yang disebut-sebut perancang lebih mampu menangkal serangan tembakan musuh, meski mereka masih menyembunyikan gambaran pelindung terbaru itu. Yang lebih penting lagi, kendaraan tersebut dilindungi oleh pelindung reaktif yang telah diimprovisasi. Pelindung tersebut akan meledak untuk mencegah sebuah proyektil mencapai lapisan terdalam pelindung.

Tank Armata juga dilengkapi sistem perlindungan aktif yang membentuk perimeter luar dari pertahanan mereka. Ketika sistem tersebut mendeteksi proyektil musuh, dia akan menembak di sekitarnya untuk mencegah benda itu menghalangi jalannya.

Meriam Super

Versi baru dari Armata dilengkapi dengan meriam kaliber standar 125 milimeter yang serupa dengan yang digunakan dengan tank-tank sekarang. Meriam tersebut dapat menembakkan baik granat maupun roket.

Perancang mengatakan, meriam 152 milimeter yang lebih kuat dapat lebih mudah dimasukkan ke tank Armata di masa depan. Meski mereka menyatakan hal tersebut belum diperlukan.




Sumber

No comments:

Post a Comment