*****Banyak Baca.. Banyak Tau.. Banyak Ilmu.. Makin Maju*****
tauteu.blogspot.com **Banyak Baca.. Banyak Tau.. Banyak Ilmu.. Makin Maju**

Pusat Informasi Masjidil Haram Luncurkan Aplikasi Penghitung Jumlah Tawaf


PUSAT Informasi Masjid Al Haram dikabarkan menyediakan aplikasi yang dapat melacak jumlah putaran tawaf para jamaah haji dan umroh, demikian seperti dilansir Arab News pada Rabu (01/07/2015).
Menurut situs Arab News, aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store. Aplikasi tersebut telah terhubung ke sistem masjid dan secara otomatis akan mengeluarkan tanda saat jamaah selesai melakukan tawaf ketujuh.


Bandar Al-Khazeem, direktur pusat teknologi informasi dari Masjidil Haram, mengatakan aplikasi itu telah dikembangkan oleh teknisi dari Umm Al-Qura University, sebuah koran lokal melaporkan pada Rabu (01/07/2015).
“Aplikasi tawaf membantu melacak jumlah putaran dan memberitahu ketika tawaf selesai. Aplikasi ini menggunakan campuran sensor pada smartphone seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan sensor gerak untuk menentukan lokasi dalam Masjidil Haram,” jelas para pengembang aplikasi.
Sementara itu, Al-Khazeem mengatakan bahwa pihaknya juga menyediakan Wi-Fi gratis di sekitar pelataran Masjid Agung untuk membantu menghubungkan orang-orang juga mereka yang bekerja di Masjidil Haram. Dalam aplikasi itu juga terdapat layanan untuk buka puasa dan itikaaf. Semua informasi di dalamnya tersedia dalam bahasa Arab, Inggris, Perancis, Turki, Urdu dan Farsi.

Menurut Mayjen. Khaled Qarar Al-Harbi, kepala pasukan darurat khusus, jumlah peziarah diperkirakan akan terus meningkat sebesar 80 persen selama kuartal kedua, dan mungkin meningkat pada 10 hari terakhir, demikian Arab News.


[fh/Islampos]

No comments:

Post a Comment